Minggu, 26 September 2010

Kondisi Aktual Masyarakat Indonesia Saat Ini

      Saat ini, kondisi aktual masyarakat Indonesia di pengaruhi oleh beberapa faktor yang belakangan ini sangat akrab di telinga kita, yakni modernisasi, globalisasi, dan sekulerisasi. Pada dasarnya setiap masyarakat menginginkan perubahan dari keadaan tertentu ke arah yang lebih baik dengan harapan akan tercapainya kehidupan yang lebih maju dan makmur. Keinginan adanya perubahan itu adalah awal dari suatu proses modernisasi. Menurut Wilbert E Moore, modernisasi adalah suatu tranformasi kehidupan yang tradisional (pra modern) dalam arti teknologi serta organisasi sosial  ke arah pola-pola ekonomis dan politis yang menjadi citra negara barat yang stabil. Sedangkan menurut J W School, modernisasi adalah suatu transformasi masyarakat dalam segala aspek-aspeknya. Namun pada umumnya modernisasi di kenal sebagai perubahan-perubahan masyarakat yang bergerak dari keadaan yang tradisional (masyarakat pra modern) menuju kepada suatu masyarakat yang modern.

      Pada tahun 1985, Heodore Levitte merupakan orang yang pertama kali menggunakan istilah globalisasi. Sedangkan makna globalisasi tersendiri adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa di batasi oleh wilayah. Di sisi lain, ada yang melihat globalisasi sebagai sebuah proyek yang diusung oleh negara-negara adikuasa seperti halnya negara Amerika Serikat (AS), sehingga orang cenderung memiliki pandangan negatif atau curiga terhadap globalisasi tersebut. Dari sudut pandang ini, globalisasi tidak lain adalah kapitalisme dalam bentuk yang paling mutakhir atau yang di kenal secara umumnya oleh masyarakat dewasa ini. Negara-negara yang kuat dan kaya akan mengendalikan ekonomi dunia dan negara-negara kecil akan semakin tidak berdaya karena ketidakmampuan bersaing dengan negara-negara maju. Globalisasi cenderung berpengaruh besar terhadap perekonomian dunia, bahkan berpengaruh terhadap bidang-bidang lain seperti budaya dan agama, dsb. 

      Adanya pergeseran nilai dan sikap masyarakat yang semula irasional menjadi rasional, berkembangnya ilmu pengetahuan dan tehnologi merupakan salah satu dampak positif dari modernisasi dan globalisasi. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan tehologi menjadikan masyarakat Indonesia dewasa ini menjadi lebih mudah dalam beraktivitas dan mendorong untuk berpikir lebih maju. Namun adapun beberapa dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi terhadap masyarakat Indonesia yakni menjadikan masyarakat yang memiliki pola hidup konsumtif, seperti perkembangan industri yang pesat membuat masyarakat lebih tertarik untuk mengonsumsi barang yang telah ada, tanpa menghiraukan proses terciptanya barang tersebut. Selain itu modernisasi dan globalisasi menjadikan masyarakat dewasa ini memiliki gaya hidup kebarat-baratan, dimana budaya barat mulai menggeser  budaya asli milik bangsa Indonesia, salah satu dampaknya adalah terciptanya pola pikir yang salah terhadap mayoritas masyarakat Indonesia saat ini seperti adanya anak yang tidak lagi hormat kepada orang tuanya dan melupakan hak-hak serta kewajiban anak terhadap orang tua  dimana selayaknya seorang anak harus patuh dan hormat kepada orang tua mereka. Modernisasi dan globalisasi juga melahirkan masyarakat yang memiliki sikap individualistik, dimana masyarakat merasa dimudahkan dengan tehnologi yang maju yang membuat mereka tidak lagi membutuhkan orang lain dalam beraktivitas yang terkadang membuat mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk sosial. Modernisasi dan globalisasi juga menciptakan adanya kesenjangan sosial yang apabila dalam suatu komunitas masyarakat hanya ada beberapa individu yang dapat mengikuti arus modernisasi dan globalisasi maka akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lainnya dan hal tersebut menimbulkan kesenjangan sosial. Tingginya angka aborsi di Indonesia juga merupakan salah satu pengaruh akan adanya modernisasi dan globalisasi, saai ini kasus aborsi di Indonesia setiap tahun mencapai 2,5 juta manusia per bulan, di perkotaan sekitar 70% aborsi umumnya dilakukan secara diam-diam oleh tenaga medis (kesehatan) sedangkan di pedesaan sekitar 84% umumnya aborsi dilakukan oleh dukun. Adapun beberapa alasan yang biasanya pelaku aborsi utarakan, umumnya karena hamil akibat pemerkosaan, janin yang di deteksi mempunyai cacat genetik, kondisi sosial ekonomi yang kurang mendukung, gangguan kesehatan, gagal KB, dsb.

      Sedangkan sekulerisasi seringkali di identikkan dengan kematian agama dalam kehidupan masyarakat dewasa ini. Istilah ini pertama kali di pakai setelah terjadi peperangan agama (revolusi Prancis), istilah ini digunakan untuk menyebut pengalihan wilayah atau harta milik dari pengawasan penjabat gereja. Sekulerisasi sering dipakai sebagai suatu konsep ideologis yang sarat konotasi evaluatif yang terkadang positif dan terkadang negatif. Namun dalam lingkungan yang anti agama dan progresif, istilah itu telah menjadi simbol pembebasan manusia modern dari kendali religius (agama). Sekulerisme telah mendorong terbentuknya manusia yang berjiwa matrealistis, yang berorientasi pada pemujaan terhadap nilai-nilai yang bersifat material dan hal ini terjadi sehubungan dengan misi sekulerisasi yang ingin mengesampingkan kehidupan dunia dari nilai-nilai agama.

      Adapun beberapa pengaruh sekulerisasi pada masyarakat dewasa ini, di antaranya melahirkan masyarakat yang egois, individualis, hedonis, krisis akhlak dan menjadikan agama hanya sebagai simbol. Yang di maksud dengan masyarakat hedonisme adalah masyarakat yang mempunyai pandangan hidup bahwa kesenangan dan kenikmatan hidup adalah tujuan utama dari kehidupan seperti terciptanya para koruptor di negeri ini dimana para koruptor tersebut mempunyai tujuan  utama yakni mendapatkan kesenangan. Agama sebagai simbol juga merupakan salah satu dampak akan adanya sekulerisasi dimana agama hanya dijadikan sebagai bentuk dan gambaran akan suatu hal bahkan hanya lambang dari cerminan seseorang,  dimana orang tersebut tidak mengetahui makna hakiki dari agama tersebut.   


sumber referensi:
http://www.google.co.id/search?q=kondisi+aktual+masyarakat+indonesia+saat+ini&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a

2 komentar:

  1. sit suit ... hahay.mantab benar tulisannya ...

    BalasHapus
  2. makaih ya nur.
    semoga tulisannya bermanfa'at.
    selamat membaca , , ,.

    BalasHapus